Spread the love

Adanya pandemi virus corona sudah menyebabkan berbagai macam masalah. Terutama untuk urusan bisnis yang kini membuat banyak pengusaha menghadapi masalah. Seakan membangun bisnis masih kurang menantang, kini sudah harus dihadapkan dengan perubahan strategi pemasaran, memikirkan kembali cara berkomunikasi dengan staf hingga pemangku kepentingan, dan pembersihan seperti belum pernah dilakukan sebelumnya.

Perubahan strategi sangat penting untuk dilakukan sehingga bisnis tetap berjalan meski sekarang dunia tengah dihadapkan dengan pandemi. Bagi banyak orang yang mungkin baru memulai bisnis juga harus tahu apa yang harus dilakukan agar bisnis tetap berjalan tanpa terpengaruh oleh pandemi.

Berikut ini merupakan strategi demi memastikan bisnis tetap bertahan dan tetap berkembang meski tengah berada di tengah pandemi.

Mencari Strategi Perlindungan Bisnis

Untuk perlindungan diri di tengah pandemi sudah ada APD, tapi bagaimana dengan perlindungan bisnis? Jika bisnis yang digeluti memiliki bentuk fisik atau berupa toko, perlu mengkomunikasikan berbagai upaya pembersihan yang mendalam, perubahan jam, hingga apakah produk terpengaruh pandemi atau tidak.

Hal seperti itu harus dilakukan saat berbisnis, terutama bisnis online. Lakukan langkah demi memastikan bahwa keamanan, kebersihan dan pengiriman aman, termasuk saat pengiriman tanpa kontak atau contact-free delivery. Dengan cara seperti itu maka sangat memungkinkan perlindungan bisnis yang tetap terjaga meski di tengah pandemi sekalipun.

Perkuat Komunikasi Meski Berjarak

Komunikasi bisnis sangat perlu untuk disesuaikan sehingga nantinya tidak menghalangi interaksi bisnis antara klien dengan staf. Pemimpin yang memang sengaja menciptakan koneksi atas dasar empati akan berhasil pada masa sulit. Hubungan dengan klien akan tetap baik dengan mendengarkan apa yang dibutuhkan.

Hal yang sama juga harus dilakukan terhadap staf. Ketika orang banyak yang merasa tidak berdaya dalam ketidakpastian, kecemasan akan muncul, jadi jangan meninggalkan ruang untuk pertanyaan. Jawab semua yang berkaitan dengan dampak dari pandemi mengenai kepastian pekerjaan dan peran dari tim. Jangan sampai menimbulkan kegaduhan di tengah para staf karena adanya ketidakpastian.

Menyesuaikan dan Perkuat Strategi Pemasaran

Mengenai strategi pemasaran, jika pada saat sebelum pandemi maka pemasaran bisa dilakukan dengan iklan atau cara lain tanpa harus mengkhawatirkan kesehatan. Tapi pada saat pandemi seperti sekarang ini mungkin kurang berhasil. Sangat mungkin ada bisnis yang gagal karena kurang berhasil dalam hal pemasaran. Apalagi pemasaran yang dilakukan secara asal-asalan meski di tengah pandemi.

Salah satu contoh strategi pemasaran sekarang ini adalah dengan memanfaatkan berbagai macam platform media online. Demi menarik banyak pelanggan, cobalah untuk menyesuaikan dan memperkuat strategi pemasaran. Apalagi sekarang ini banyak anak mudah yang lebih suka menggunakan gadget yang mencari berbagai macam barang yang diinginkan secara online. Manfaatkan hal tersebut demi menarik minat pelanggan sehingga nanti bisnis tidak akan terkena dampak pandemi.

Kepastian Lebih Dari Pendapatan

Pada masa pandemi ini maka jangan hanya memikirkan pendapatan atau mengenai keuntungan dari bisnis yang tengah dilakukan. Memberikan nilai tambah pada brand sangat penting, namun tidak akan berhasil jika hanya sebuah strategi penjualan yang disamarkan secara buruk yang akhirnya dikemas layaknya hadiah.

Pastikan nilai tambah yang diberikan dalam brand atau produk bukan hanya sekedar clik bait saja atau hanya pemancing saja demi memaksakan penjualan. Pastikan nilai tambah tersebut benar-benar memberikan kepuasan sehingga para pelanggan tetap memberikan nilai positif dan tetap tertarik untuk terus melakukan interaksi bisnis.

Mengatur Keuangan Sebaik Mungkin

Tentu saja melakukan promosi sangat penting dilakukan agar menarik minat pelanggan. Tapi tetap saja harus memperhatikan keuangan. Jangan sampai promosi besar-besaran sehingga menghabiskan pundi-pundi keuangan yang seharusnya digunakan untuk berbisnis. Seorang pengusaha harus pintar dalam mengatur keuangan sehingga nanti tidak menghadapi krisis.

Lakukan perbandingan di setiap minggu, menunda pengeluaran yang tidak diperlukan, mengajukan keringanan bentuk cicilan jika ada pinjaman tertentu, kemudian memanfaatkan insentif perpajakan dari pemerintah. Itu semua perlu dilakukan untuk mengatur keuangan sehingga tidak menghadapi masalah pada saat pandemi. Lakukan secara berkala sehingga keuangan tetap terjaga tanpa harus menghadapi krisis keuangan dalam bisnis yang tengah dijalankan.

Tentu saja bukan hal yang mudah mempertahankan sebuah bisnis di tengah pandemi. Apalagi sudah banyak bisnis yang terkena dampak sehingga ada yang sampai gulung tikar. Tentu sebagai pengusaha harus bisa dengan sekuat tenaga mempertahankan bisnisnya sehingga tidak terganggu dengan pandemi yang tengah melanda.

Itulah berbagai strategi dalam berbisnis di tengah pandemi agar tetap bertahan atau bisa saja terus berkembang. Pastikan untuk mengetahui apa saja strategi yang tepat untuk dilakukan di tengah pandemi. Jangan sampai adanya pandemi ini mempengaruhi bisnis yang tengah dijalankan. Semoga nantinya tetap bertahan dan berkembang sehingga bisa menghasilkan keuntungan meski tengah dilanda pandemi corona.